RI Masih akan Bergantung pada Pengiriman TKI

Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan penempatan tenaga kerja di luar negeri bakal menjadi tumpuan untuk mengurangi pengangguran dan kemisikinan.

Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan Kadin Benny Soetrisno mengatakan hal itu karena Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Terlihat, dari jumlah Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) atau pekerja rumah tangga masih begitu besar.

“Menurut data yang dibuat Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), jumlah PLRT domestic worker dikirim ke negara penempatan mencapai 76.050,” kata dia di Jakarta, Senin (17/11/2014).

Besarnya angka tenaga kerja Indonesia (TKI) mesti menjadi perhatian pemerintah. Terlebih, kerap kali mendapat perlakuan yang tidak adil di tempat kerjanya.

Maka, ujar dia perlunya pembenahan infrastruktur peraturan dan dokumen perjanjian pengelolaan TKI. Lalu perbaikan kualitas kelembagaan dan operasional Pelaksanaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS).
Kemudian meningkatkan pelayan perlindungan pada TKI. “Penguatan peran komunitas dalam dan monitoring perlindungan TKI, ” tambah Benny.

Di samping itu, dia juga mengatakan perlunya pembenahan kewenangan pengelolaan TKI antara BNP2TKI dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang selama ini tumpah tindih.
Referensi : Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s