Kementerian Ekonomi Kreatif Ditiadakan Tak Jadi Masalah

Pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia menyatakan tak keberatan jika kementerian yang membawahi ekonomi dan industri kreatif harus ditiadakan.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri, Budyarto Linggowiyono menerangkan, hal itu lantaran tidak dilakukan oleh negara-negara lain.

“Awalnya Kadin mengharapkan ekonomi kreatif dibuat satu kementerian. Namun ternyata untuk Asia pun ternyata tidak di bawah kementerian tapi di bawah lembaga atau badan. Misalnya di Inggris juga sudah dihapus, jadi memang tidak masalah,” kata dia di Jakarta, Senin (17/11/2014).

Namun begitu, dia mengatakan tetap diperlukan sebuah wadah yang membawahi sektor ekonomi kreatif. Ia menuturkan, potensi ekonomi dari sektor ekonomi kreatif begitu besar. Namun begitu, potensinya tidak tergarap secara maksimal. Sebuah badan diperlukan untuk pengembangan ekonomi kreatif bisa merata.

“Enterpreneurship tumbuh dari orang muda. Namun, bagaimana caranya bisa sampai ke daerah, ini kelemahannya. Bagaimana daerah bisa saling menunjang potensi yang ada. Seperti Indonesia Timur, padahal di sana potensinya besar,” kata dia.
Selain itu, pihaknya mengatakan, ekonomi kreatif perlu didorong dengan membongkar pemahaman jika industri kreatif tidak berkutat pada batik dan kerajinan tangan. Namun, Budyarto menambahkan, ekonomi kreatif bisa dikombinasikan dengan seni budaya dan teknologi.
Referensi : Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s