Jelang Harga BBM Naik, Mendag Rachmat Gobel: Kita Awasi Spekulan

Jakarta -Pemerintah berjanji mengawasi praktik oknum-oknum pedagang yang memainkan harga pangan jelang kenaikan harga BBM. Pemerintah menegaskan saat ini stok kebutuhan pokok cukup.

“Sekarang di pasar stabil, stok cukup. Cuma yang kita awasi para spekulan karena itu spekulan melakukan (kenaikan harga) berlebihan. Itu bagian kejahatan ekonomi,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Ia mengatakan harga-harga selama ini dalam posisi stabil kecuali harga cabai. Pemerintah, kata Rachmat, akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat kepolisian untuk mengawasi dan menindak permainan nakal para spekulan.

“Saya minta dinas perdagangan dan perindustrian di daerah serta Polri untuk atasi itu. Untuk cari yang melakukan tindakan itu. Akan ada tindakan tegas,” jelasnya.

Pemerintah juga siap melakukan operasi pasar bila BBM jadi dinaikkan. Operasi pasar, dilakukan jauh-jauh hari agar harga pangan tetap stabil sebelum dan setelah kenaikan BBM.

“Itu akan dilakukan. Kalau itu sudah dan akan dilakukan. Kita akan lakukan operasi pasar. Kita jaga daya beli,” paparnya.

Di tempat yang sama, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan pihaknya siap membantu Kepolisian di dalam mengamankan prosesi kenaikan harga BBM subsidi oleh pemerintah.

“Kita ada satu unsur memberikan bantuan kepada Kepolisian. Pasukan kita siap, kita hanya mengunggu permintaan kepolisian,” tegasnya.
Referensi : finance.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s